06 Agustus 2010

Redenominasi vs Sanering

PERBEDAAN

REDENOMINASI

SANERING

Pengertian

· Redenominasi adalah menyerderhanakan denominasi ( pecahan mata uang menjadi pecahan lebih sedikit dengan cara mengurangi digit ( angka nol ) tanpa mengurangi nilai mata uang tersebut, misalnya Rp. 1.000 menjadi Rp. 1,-

· Hal yang sama secara bersamaa dilakukan juga pada harga-harga barang, sehingga daya beli masyarakat tidak berubah.

· Pemotongan daya beli masyarakat melalui pemotongan nilai uang.

· Hal yang sama tidak dilakukan pada harga barang, sehingga daya beli masyarakat menurun.

Dampak bagi masyarakat

· Tidak ada kerugian karena daya beli tetap sama

· Menimbulkan banyak kerugian karena daya beli turun drastis.

Tujuan

· Penyederhanaan pecahan uang agar lebih efisien dan nyaman dalam melakukan transaksi.

· Mempersiapkan kesetaraan economi Indonesia dengan Negara regional.

· Mengurangi jumlah uang yang beredar akibat lonjakan harga-harga. Dilakukan karena terjadi hiperinflasi ( Inflasi yang sangat tinggi).

Nilai uang terhadap barang

· Tidak berubah, karena hanya cara penyebutan dan penulisan pecahan uang saja yang disesuaikan.

· Berubah menjadi lebih kecil, karena yang dipotong adalah nilainya.

Kondisi saat dilakukan

· Kondisi makroekonomi stabil. Economi tumbuh dan inflasi terkendali.

· Dilakukan dalam kondisi macro economi tidak sehat, infasi sangat tinggi ( Hyperinflation )

Masa Transisi

· Dipersiapkan secara matang dan terukur sampai masyarakat siap, agar tidak menimbulkan gejolak di masyarakat.

· Tidak ada masa transisi dilakukan secara tiba-tiba

Contoh

Harga 1 liter besin

Rp. 4.500,-

· Contoh bila terjadi redenominasi 3 digits ( 3 angka nol )

· Dengan uang sebesar Rp.4,5 tetap dapat membeli 1 liter bensen. Karena harga 1 liter Bensin juga dinyatakan dalam satuan pecahan yang sama ( baru ).

· Contoh bila terjadi sanering per seribu Rupiah

· Dengan Rp. 4,5 hanya dapat membeli 1/1000 liter (0,001 liter).




Sumber: Milis

0 komentar:

RSS Feed (xml)
Template by : Kendhin x-template.blogspot.com